Thursday, December 18, 2008

Poster Jogja bersepedah nya klub Onthel Podjok

Desain ini diaplikasikan jadi poster, publikasi di Intenet dan Baliho Acara Podjok
(link kagiatan ada di www.podjok.com)
Kesulitan yang sering muncul bagi seorang kuli cetak mencetak adalah kalau harus mengakomodir keinginan banyak orang. Seperti halnya waktu proses poster ini. Pamrih sekedar membantu klub sepeda onthel untuk membuatkan poster publikasi acara, eh semua orang usul ini kék, usul itu kék, sudah lainya konsultan desain yang handal.
"Gambarnya jangan nge-pop mas, kalau bisa nampilin ini mas..."
Pokoknya lainya poster pengajian, kata-katanya harus tampil semua. Walhasil sampai mendekati hari H, poster belum selesai-selesai. Kesempatan deh, akhirnya mau tidak mau harus telinga agak 'pekak' dan mata dibuat buta semtara. Pokoknya ini seperti ini, mau ndak mau...toh akhirnya pada manggut2.... Oooo bgitu tooo, bagus2..., saat orang lain membenarkan, akhirnya yang lain turut manggut2 setuju.
Poster aku garap pakai 'adobe sotoshop Cs2', buat nampilin nuansa pertemuan para 'Onthelis' fanatik yang kostumnya aneh2 itu, aku crop satu demi satu. Beruntung stok foto banyak. Terus aku sambung dalam rangkaian bendera rumbai-rumbai mirip 'bhineka tunggal ika' dengan tulisan "sugeng rawuh, selamat datang, welcome', yah maksudnya sih mewakili bahasa Nasional, bahasa Jawa karena penyelenggaranya jogjakarta dan kesan hospitalitynya dan 'welcome' sebagai bahasa asing yang mewakili kalau orang asing pun bolah boleh saja datang kesitu sekedar ber vacancy. Selebihnya, yah ini repotnya, memasukkan ikon global warming yang 'agak' dipaksa-paksa dimasukkan biar nyambung dengan pertemuan onthel, lalu juga ikon Jogja(lagi lagi pakai gambar tugu dan si kartun kecil bapak-bapak blangkon). Akhirnya seperti itulah jadinya. Menurutku agak semrawut dan entahlah apa kata orang menyebutnya; "pop, retro, atau amburadul?"

0 Comments: